Tugas ke 2 Manajemen Perbankan

 

Karakter personal untuk menjadi SDM yang kompeten dalam bidang perbankan syariah.

 

Muslim: Percaya hanya kepada Alloh SWT.

Intelegensi: kemampuan untuk menyesuaikan diri secara mental terhadap situasi dan kondisi baru. Karena intelegensi merupakan suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Oleh karena itu, inteligensi sebenarnya tidak dapat diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional itu.

Teamwork:  sebagai kumpulan individu yang bekerjasama untuk mencapai tujuan. Kumpulan individu-individu tersebut memiliki aturan dan mekanisme kerja yang jelas, serta saling tergantung antara yang satu dengan yang lain.

Profesional: orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang profesional adalah melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.

Komunikasi: upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan.

Menerapkan sifat-sifat baik rasulullah:

Shiddiq, memastikan bahwa pengelolaan bank syariah dilakukan dengan moralitas yang menjunjung tinggi nilai kejujuran. Dengan nilai ini pengelolaan dana masyarakat akan  dilakukan dengan mengedepankan cara-cara yang diperkenankan (halal) serta menjauhi cara-cara yang meragukan (subhat) terlebih lagi yang bersifat dilarang (haram);

Tabligh, secara berkesinambungan melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat mengenai prinsip-prinsip, produk dan jasa perbankan syariah. Dalam melakukan sosialisasi sebaiknya tidak hanya mengedepankan pemenuhan prinsip syariah semata, tetapi juga harus mampu mengedukasi masyarakat mengenai manfaat bagi pengguna jasa perbankan syariah;

Amanah, menjaga dengan ketat prinsip kehati-hatian dan kejujuran dalam mengelola dana yang diperoleh dari pemilik (shahibul maal) sehingga timbul rasa saling percaya antara pihak pemilik dana dan pihak pengelola dana investasi (mudharib).

Fathanah, memastikan bahwa pengelolaan bank dilakukan secara profesional dan kompetitif sehingga menghasilkan keuntungan maksimum dalam tingkat risiko yang ditetapkan oleh bank. Termasuk di dalamnya adalah pelayanan yang penuh dengan kecermatan dan kesantunan (ri’ayah) serta penuh rasa tanggung jawab (mas’uliyah).

Kerja keras: berusaha untuk dengan sungguh-sungguh untuk mencapai suatu cita-cita atau tujuan. Dalam hidup ini tidak ada seorangpun tanpa bekerja keras ia dapat sukses dan bisa mendapatkan semua keinginannya.

Disiplin: ketaatan dan kepatuhan terhadap hukum, undang-undang, peraturan,ketentuan dan norma-norma yang berlaku dengan disertai kesadaran dan keikhlasan hati bahwa memang demikianlah seharusnya.

Memiliki soft skill: kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. contoh  dari soft skill adalah kemampuan bekerja sama,motivasi dalam bekerja,semangat,sikap dan prilaku, cara berhadapan dengan orang lain dan lain sebagainya.

Berpenampilan rapi, sopan dan menarik:  First impression is very important! Karena orang akan menilai kita 10 detik pertama apakah mereka bisa menerima kita atau tidak. Sama halnya kalau kita mau beli barang lihat packaging dulu, mau nonton film lihat preview dulu, mau masuk toko lihat dekor yang paling menarik.

Memiliki keahlian di bidanag perbankan syariah: tidak ada seorang pun yang bisa menjadi bankir tanpa memiliki keahlian khusus di bidang perbankan syariah. Jadi setiap bankir harus memiliki keahlian di bidang perbankan sekalipun dasar-dasar dari perbankan syariah.

Ramah: baik hati dan menarik budi bahasanya; manis tutur kata dan sikapnya, suka bergaul dan menyenangkan dalam pergaulan. memang menyenangkan bergaul dengan orang yang banyak tawa dan banyak bicara.

 

 

Dari syarat ideal tersebut hal apa saja yang menurut keyakinan bahwa saudara sudah berkarakter hal tersebut!

 

Muslim: Saya sudah berada di keluarga yang muslim dan insyallah di dalam keluarga yang taat akan ibadah, selalu melaksanakan sholat 5 waktu dan mengaji sesuai perintah ALLOH SWT.

Teamwork: Mampu bekerjasama dengan baik apabila ada penyelesaian tugas secara kelompok dengan saling bermusyawarah untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan selalu menerima masukan dari anggota kelompok.

Sifat-sifat rasulullah: Alhamdulillah sampai saat ini sifat-sifat rasulullah yang menonjol pada diri saya adalah jujur, dapat dipercaya dan bertanggung jawab.

Kerja keras: Saya mempunyai sifat pekerja keras, masalah seberat apapun bisa saya atasi dengan cara sabar, usaha dan selalu berdoa kepada ALLOH SWT dan tanpa MENGELUH.

Profesional: Saya mempunyai profesi yang mengandalkan keahlian khusus pada diri saya, walaupun keahlian yang saya miliki itu tidak ada hubungannya dengan masalah perbankan syariah. Saya hanya menerapkannya sebagai hoby dan untuk mengisi waktu luang.

Ramah: Dalam hidup harus selalu ada ramah tamah antar sesama dengan cara tegur sapa, senyum dan canda tawa, dan saya sudah menerapkannya kepada semua orang disekitar saya.

Memiliki soft skill: Mempunyai pengalaman berorganisasi sejak SMA dan saat ini mengikuti UKM dan organisasi di kampus.

 

 

Syarat ideal yang belum terdapat pada diri saya

Intelegensi: Saya merasa sulit dalam beradaptasi dengan teman atau tempat baru karena saya orang yang pemalu, yang saya harus lakukan adalah selalu berusaha untuk percaya diri dengan apa yang saya miliki dan berani bertindak.

Disiplin: Sesuatu yang menurut saya sepele namun sangat sulit untuk menerapkannya, agar disiplin saya harus mempunyai kesadaran dan keikhlasan.

Berpenampilan rapih: Sampai saat ini saya belum bisa terlihat rapi, bahkan selalu cuek dengan penampilan saya, untuk mengatasinya dengan belajar dari orang lain dan mencoba untuk merubah penampilan yang buruk menjadi penampilan yang baik untuk dilihat banyak orang.

Keahlian dalam perbankan syariah: Saya belum terlalu paham dengan apa itu perbankan syariah karena pada masa SMA saya mengambil jurusan IPA, sampai saat ini pun saya sedang berusaha untuk belajar dan memahami apa itu perbankan syariah dari teman, kerabat maupun dosen sekalipun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s