Kasus Risiko Pembiayaan Bank Syariah

Nama: Fadhli Adhitya Ramadhika

NIM: 20110730080

Tindak kejahatan yang sering terjadi yang berkaitan dengan pembiayaan terutama dipicu oleh keadaan tidak memadainya sistem, infrastruktur dan sumber daya manusia bank. Kejahatan yang relatif kecil dan dilakukan oleh pegawai yang beriman rendah biasanya terjadi karena kelemahan dalam sistem prosedur di dalam bank. Kejahatan besar yang dilakukan oleh kepala cabang, direktur dan manajemen puncak biasanya bukan karena kelemahan prosedur internal, tetapi lebih diakibatkan oleh kelemahan karakter yang dimiliki oleh profesi bankir. Hal ini tergolong sebagai risiko operasional. Oleh karena itu pencegahan risiko jenis ini lebih banyak difokuskan pada peningkatan kapasitas lembaga bank itu sendiri. Salah satu strategi yang harusnya dilakukan di lembaga bank ialah:

  1. Pemisahan fungsi pegawai bank dalam membuat/mengajukan, memeriksa, dan menyetujui aplikasi pembukaan dan pengelolaan transaksi nasabah.
  2. Kehati-hatian dalam melakukan verifikasi identitas nasabah, termasuk verifikasi dokumen-dokumen yang disyaratkan dalam pembukaan rekening.
  3. Kegiatan pengawasan yang konsisten oleh satuan pengawas internal bank untuk menegakkan aspek kepatuhan terhadap seluruh sistem dan prosedur dalam pembukaan-pengelolaan rekening nasabah.
  4. Kepastian seluruh dokumen persyaratan kredit telah dibuktikan keabsahan dan kelengkapannya, utamanya menyangkut dokumen legal seperti Akta Pendirian dan perubahannya yang terakhir, persetujuan pengurus dan pemegang saham tentang pengajuan kredit, perijinan perusahaan, kartu identitas dan contoh tanda tangan pengurus, dan laporan keuangan audit.
  5. Kepastian bahwa seluruh aspek perikatan kredit dan perikatan barang jaminan telah dilakukan sesuai hukum yang berlaku sebelum kredit dicairkan.
  6. Peningkatan koordinasi antara perbankan dengan lembaga penegakan hukum dalam hal pencegahan dan penanganan kejahatan perbankan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s